Segmentasi pasar dan analisis demografis

Ringkasan Analisa Pasar

Bagian ini biasanya membutuhkan riset dari luar. Jelaskan tentang berbagai grup target konsumen dan jelaskan juga kenapa kelompok ini yang dipilih. Jelaskan juga tentang pertumbuhan pasar dan proyeksinya.

Kalau tujuan pembuatan bisnis plan ini untuk menarik investasi, maka sampaikan juga gambaran tentang bidang industrinya secara global.

Contoh (Penitipan Anak) :

Tempat penitipan anak merupakan bisnis yang akan berkembang dan semakin dibutuhkan di masa mendatang. Semakin banyak pasangan yang sama-sama bekerja, sehingga membutuhkan tempat untuk menitipkan anaknya.Saat ini sudah ada beberapa tempat penitipan anak di kota Bandung. Tapi dengan semakin berkembangnya kecenderungan pasangan yang bekerja, maka peluang bisnis tempat penitipan anak masih sangat besar untuk berkembang.

4.2 Tabel Analisa Pasar

Fokuskan perhatian anda pada potensial konsumen, bukan pada konsumen actual saat ini. Proyeksikan pertumbuhan konsumen setiap tahunnya sehingga Anda bisa mendapatkan proyeksi konsumen untuk

beberapa tahun mendatang.

Informasi tersebut diatas harus berdasarkan riset yang baik dan benar.

Contoh :
PotensialCustomer Growth 2006 2007 2008 2009 2010 CAGR
Consumer
Small Business
Large Business
Government
Other
Total

4.3 Segmentasi Pasar

Bagian ini penting untuk penilaian dan strategi pasar. Jelaskan tentang segmentasi, pengelompokan yang berbeda-beda dan kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang konsumen di setiap kelompok segmen pasar.

Segmentasi pasar biasanya dibagi berdasarkan demografi (usia, penghasilan, gender, pekerjaan, pendidikan dll) atau geografi (kota, propinsi dll). Selain itu juga ada faktor psikografi, yang menganalisis korelasi tentang pola tingkah laku konsumen.

Contoh (Konsultan):

•1. Perusahaan Besar : Segmen pasar yang paling penting adalah perusahaan manufaktur besar dengan teknologi tinggi,seperti Apple, HP, Microsoft dan lainnya. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan layanan seperti riset pasar dan forum pasar.

•2. Perusahaan menengah : yang berkecimpung dalam pengembangan software dan multimedia. Perusahaan ini membutuhkan layanan jasa dalam pengembangan manajemen perusahaan dan menentukan peluang pada pasar baru dan segmen pasar baru.

4.4 Strategi Target Pasar

Berisi penjelasan tentang strategi yang melatarbelakangi segmentasi pasar Anda and pemilihan target pasar. Jelaskan kenapa perusahaan Anda focus kepada target market tersebut. Apa yang membuat target market tersebut lebih menarik daripada yang lain? Kenapa karakteristik mereka begitu penting

Contoh (Tempat Penitipan Anak):

Target pasar dari tempat penitipan anak adalah pasangan yang bekerja. Strategi pemasaran yang paling efektif adalah melalui system referensi atau pemasaran dari mulut ke mulut. Reputasi merupakan faktor yang harus dijaga dan ditingkatkan untuk menambah share pada target pasar ini.

4.5 Kebutuhan Pasar

Untuk setiap segmen pasar, definisikan penawaran Anda berdasarkan kebutuhan konsumen yang akan Anda penuhi, bukan berdasarkan apa yang harus Anda jual. Jelaskan tentang hal-hal berikut :

Apakah kebutuhan tersebut sudah lama ada
Apakah ada produk atau jasa lain yang menawarkan pemenuhan kebutuhan tersebut dengan cara yang berbeda
Apakah riset pasar telah dilakukan

Contoh (Kafe):

Konsumen membutuhkan kafe yang berorientasi pelayanan. Konsumen membutuhkan kafe yang menghargai konsumennya sebagai prioritas utama.

4.6 Trends Pasar

Trend pasar dapat berubah sesuai demografi, perubahan kebutuhan, perubahan gaya atau fashion dll. Tergantung pada tipe bisnis Anda. Untuk menjelaskan trend pasar, pikirkan tentang :

Faktor apa yang akan berubah dalam pasar, atau merubah bisnis
Pertumbuhan trends seperti apa yang akan membuat perbedaan.

Misalnya, pada bisnis restoran mungkin trend akan bergeser dari makanan pedas, atau makanan segar atau makanan sehat.

Kemampuan menangkap trend pasar merupakan kunci untuk selalu selangkah di depan pesaing.

Contoh (Kafe) :

Trend kafe saat ini adalah menciptakan pengalaman (experience) dalam menikmati hidangan, baik dari pemandangan, interior ataupun dari music. Konsumen juga mulai sadar akan kebutuhan makanan yang sehat, seperti rendah kolesterol.

4.7 Pertumbuhan Pasar

Bagian ini membutuhkan riset mendalam, bahkan bila perlu anda bisa menyewa konsultan untuk membantu mendefinisikan pertumbuhan pasar. Pertumbuhan pasar bisa dalam berbagai format, seperti pertumbuhan konsumen, pertumbuhan penjualan, pertumbuhan proyek dll.

Contoh (Penghemat BBM) :

Seiring dengan tingginya harga BBM dan akan terus mengalami kenaikan di masa mendatang, serta pertumbuhan kendaraan bermotor yang terus meningkat, maka kami optimis penjualan alat penghemat BBM akan terus meningkat di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s