Perilaku Konsumen – Kelas Sosial dan Kelompok Referensi

Sumber :

Apakah ada Perilaku Konsumen Kelas Sosial dan Catatan Referensi Grup

crab.rutgers.edu/…/ConsumerbehaviorSocialClassRefGroupNotes.htm…

Diterjemahkan dari bahasa: Inggris

 cara lain yang kita dapat mengelompokkan konsumen untuk memahami dan memprediksi perilaku mereka?

  • Beberapa analis menggunakan kelas sosial sebagai suatu agregat dari beberapa ukuran yang dapat menggambarkan seseorang atau rumah tangga
  • Mengapa? Orang yang mirip pada indikator kelas sosial seringkali sama dalam perilaku konsumen mereka

Kelas sosial. …

  • Kelas sosial-sebuah hierarki status dimana kelompok-kelompok dan individu yang diklasifikasikan atas dasar penghargaan dan prestige.-American Marketing Association
  • Sebuah kelas sosial adalah sekelompok orang yang anggota lain dari masyarakat melihat sebagai sama dengan satu sama lain dalam prestise sosial dan siapa yang lain percaya untuk menjadi superior atau inferior dalam prestise untuk kelompok lain yang merupakan kelas sosial bawah mereka atau di atas mereka (Warner) .

Definisi lain

  • Relatif permanen dan homogen divisi dalam sebuah masyarakat di mana individu atau keluarga berbagi nilai yang sama, gaya hidup, minat, dan perilaku dapat dikategorikan
  • Tindakan biasanya kombinasi dari pengidentifikasi demografis yang berkorelasi dengan produk yang dibeli, nilai-nilai yang diselenggarakan, dll

Kelas Sosial Keanggotaan

  • Anggota dari kelas sosial yang sama cenderung untuk berbagi nilai-nilai bersama, keyakinan, dan perilaku yang menyatukan mereka (sebagai lawan demografi sederhana).
  • Keanggotaan dalam kelas yang lebih tinggi biasanya menyebabkan pengaruh yang lebih besar di tempat kerja, organisasi, dan masyarakat secara keseluruhan.

Apakah Kelas Sosial?

  • Apa Kelas Sosial Anda?
  • Apa kelas sosial orang yang duduk di samping Anda?
  • Bagaimana Anda bisa tahu? Informasi apa yang Anda gunakan untuk membuat keputusan ini?
  • Subyektif (diri peringkat), reputasi (seseorang memberi pendapat kelas sosial Anda), tujuan metode (menggunakan nilai pada variabel berbagai diamati)
  • Pekerjaan: indikator tunggal terbaik dari kelas sosial
  • Pribadi kinerja: keberhasilan relatif seseorang untuk orang lain (sering dalam pekerjaan yang sama)
  • Interaksi: orang-orang dengan siapa satu asosiasi dan mensosialisasikan
  • Harta: simbol keanggotaan kelas – skala ruang tamu

Pendudukan

  • Apa yang seseorang lakukan untuk hidup
  • Ini adalah indikator tanda-tanda lain dari keanggotaan kelas: pendapatan, asosiasi pribadi, dan status
  • Asumsi kelas lebih lanjut dalam pendudukan mungkin didasarkan pada tingkat kinerja

Sumber Penghasilan

  • Tingkat pendapatan tidak dengan sendirinya merupakan indikator yang baik dari kelas.
  • Sumber penghasilan bersama dengan pendudukan dapat membantu kita menentukan apakah dua individu yang memiliki pendapatan yang sama termasuk dalam kelas yang sama: investasi, warisan, kekayaan tua, dll

Apa yang Anda pikirkan?
Apakah seorang atlet profesional membuat $ 20.000.000 termasuk dalam kelas sosial yang sama dengan dokter membuat $ 150.000 /

Mekanik A menang $ 50 juta dalam lotre … akan mengubah kelas sosial nya?

Apakah Anda pernah dihitung Kelas Sosial?

  • Skor pada skala tertimbang – setiap item mewakili sesuatu yang bernilai dalam budaya tertentu. Bobot mewakili kepentingan relatif dalam budaya itu.
  • Status Indeks Komputerisasi (CSI) – memisahkan keluar data pada kedua pasangan
  • Hollingshead Index (tinggal x 6, pekerjaan x 9, pendidikan x 5)
  • Warner Indeks: pekerjaan, sumber penghasilan, rumah tipe, daerah hunian

Kelas sosial di Amerika Serikat
Sebuah hirarki kelas lima

Atas kelas
Hadirilah sekolah elit, terlibat dalam konsumsi mencolok
Kelas menengah atas
Profesional, pebisnis independen, eksekutif perusahaan
Kelas menengah-bawah
Tenaga penjualan, administrasi pekerja, pengawas, kontraktor konstruksi, pemilik toko ritel kecil
Atas kelas bawah
Terampil dan semi terampil pekerja kerah biru
Lower-kelas bawah
Lebih rendah pekerja kerah biru, pengangguran, keluarga kesejahteraan, dan pekerja tidak terampil
Pemasaran untuk orang miskin

Kelas sosial merupakan sumber penting dari keyakinan, nilai, dan perilaku

  • Mengapa? Lihatlah indikator: apa yang dilakukan seseorang untuk hidup, apa pendidikan seseorang, di mana Anda hidup, apa yang Anda peroleh
  • Kelas sosial yang berbeda nilai pendidikan yang berbeda
  • Sikap terhadap kehidupan keluarga, membesarkan anak-anak, peran perempuan, dll, bervariasi dari kelas ke kelas
  • Waktu dengan anak-anak, sikap terhadap pekerjaan, perawatan diri
  • Orang-orang di berbagai kelas sosial menunjukkan gaya hidup yang sangat berbeda
  • Kegiatan di luar rumah, saat makan, jenis olahraga

Dapat pemasar menggunakan kelas sosial? Produk pengaruh

  • Relevansinya mungkin produk-spesifik
  • Orang membeli produk: pakaian furnisihings rumah, dan peralatan
  • Item mencolok – hal orang cenderung untuk berbicara tentang dan membandingkan antara mereka sendiri
  • Merek tertentu yang terkait dengan kelas sosial tertentu (pekerjaan, educ, dll)
  • Merek bir, anggur, dll

Kelas Sosial dan Perilaku Marketplace: Media Gunakan
Pengaruh pada menggunakan media

  • Kelas bawah orang cenderung untuk berlangganan koran dibandingkan anggota kelas menengah.

Pilihan majalah kemungkinan terkait dengan pendidikan dan kemampuan membaca

  • Lower-kelas menengah-Reader ‘s Digest, Ladies Home Journal
  • Kelas menengah atas-Time, The New Yorker, dll

Siaran pilihan media juga bervariasi berdasarkan kelas sosial

  • Atas kelas menengah-bawah-NBC vs kelas menengah: CBS
  • Lower-kelas menengah-lebih responsif terhadap bentuk-bentuk komunikasi audiovisual

Pengaruh pada Iklan: Tema
Rendah status konsumen lebih reseptif terhadap iklan yang menggambarkan aktivitas, pekerjaan yang sedang berlangsung dan kehidupan, ekspresi energi, dll Mengapa?

Menengah atas kelas konsumen lebih kritis terhadap iklan, curiga terhadap daya tarik emosional, dan skeptis klaim. Mengapa?

Sosial Kelas: Belanja
Wanita kelas bawah yang paling “impulsif” tentang belanja
Outlet pilihan bervariasi berdasarkan kelas sosial
Atas perempuan kelas bawah cenderung untuk menanggapi promosi yang menawarkan kupon atau bujukan khusus lainnya
Anggota kelas atas lebih memilih perabotan rumah tradisional

Kelas Sosial dan Kenyamanan
Bowling, TV, dan bingo adalah favorit kelas bawah pengejaran rekreasi
Kebanyakan kegiatan dinikmati oleh orang-orang menengah dan kelas atas memakan waktu kurang dari kelas bawah pilihan

Siapa yang mungkin untuk mempengaruhi pelanggan perusahaan Anda?
Siapa yang mereka ingin meniru?
Siapa yang akan mereka minta saran?

Apakah perusahaan Anda memiliki proses-proses sosial di mana pelanggan Anda dipengaruhi oleh orang lain?

Mengapa Kelompok Referensi Penting?

  • Setiap orang atau kelompok (aktual atau imajiner) yang berfungsi sebagai titik perbandingan bagi seorang individu dalam pembentukan baik nilai-nilai umum atau khusus, sikap, atau perilaku
  • Ketika belanja dalam kelompok, Anda membawa kelompok referensi Anda dengan Anda.
  • Mengapa? Untuk mendapatkan informasi atau saran
  • Untuk memenuhi harapan orang lain
  • Untuk menjadi seperti jenis tertentu dikagumi orang

Kelompok Referensi Pengaruh

  • Anggota dari kelompok referensi yang mungkin mempengaruhi konsumen perusahaan Anda
  • Misalnya yang jenis pakaian untuk dikenakan, makanan untuk melayani, restoran untuk merendahkan
  • Ini adalah orang-orang yang pelanggan Anda cenderung untuk melihat ke untuk mempengaruhi atau saran
  • Bagaimana mengidentifikasi mereka??

Norma Sosial dan Kesesuaian

  • Norma-setiap aturan atau perilaku sosial untuk memenuhi harapan masyarakat? sistem normatif

Kesesuaian tekanan-tindakan yang diambil untuk mendorong atau memaksa anggota untuk bertindak, berpikir, dan / atau mengekspresikan diri dengan cara tertentu

  • Kelompok yang lebih penting adalah dalam hidup kita, semakin besar keinginan kita untuk menerima dan mematuhi norma-norma yang

Grup Referensi: Apakah Anda Pernah Berusaha Pendapat Orang Lain dalam membuat keputusan konsumen?

  • Apa yang umum tentang panggilan penjualan Avon, pesta Tupperware, sebuah Mary Kay Makeover partai? Penggunaan tekanan sosial.
  • Banyak perusahaan mencoba untuk mengatur situasi kelompok di mana ada tekanan untuk menyesuaikan diri dengan “perilaku baik”
  • Pemaksaan dan Kewajiban: norma-norma dan aturan perilaku, set up harapan
  • Sanksi dan Hadiah (untuk menjadi tamu yang baik)
  • Psikologi Sosial – pengaruh yang diberikan pada orang-orang oleh agen (individu, kelompok, norma, peran, atau nilai)

Jenis Kelompok Referensi: seberapa banyak kontak, keakraban

  • primer vs sekunder: orang-orang di kantor Anda vs orang dalam organisasi profesional
  • keanggotaan vs aspirasional: gym teman Anda vs tim Olimpiade – ingin menjadi langsing jadi bergabung dengan klub olahraga
  • positif vs negatif (disosiatif): suka vs tidak suka kelompok – tidak ingin menjadi pengangguran, sehingga mencari gelar dengan tingkat pekerjaan yang tinggi
  • secara formal vs informal: seperti SBC vs sekelompok teman – mempelajari aturan perusahaan di mana Anda ingin bekerja
  • BARU! Virtual grup – komunitas internet

Ingat – pertanyaannya adalah seberapa besar pengaruh kelompok referensi telah!

  • Kejelasan
  • Kebutuhan publik: tidak perlu pengaruh untuk mendapatkan satu – di AS, jam tangan dan mobil – produk sangat lemah dan pengaruh merek yang kuat – apa merek menonton Anda akan memakai
  • Publik kemewahan: klub golf – produk yang kuat dan merek yang kuat
  • Kebutuhan pribadi: mesin cuci dan pengering – kebanyakan orang memiliki ini – produk yang lemah dan merek yang lemah – orang tidak berbicara tentang hal itu
  • Swasta kemewahan: bak mandi air panas – orang tidak berbicara tentang merek – produk yang kuat dan merek lemah
  • Ini bervariasi menurut negara

Pesan promosi dan Power

  • Reward daya: penghargaan orang tua, persetujuan rekan, rabat
  • Kekuasaan koersif: hukuman, kekecewaan, “Seharusnya aku membeli _____”
  • Kekuasaan yang sah: negara Anda mengatakan bahwa di sini adalah apa yang harus Anda lakukan, “Buy American”
  • Kekuasaan rujukan: menjadi seperti seseorang yang Anda bercita-cita untuk meniru – Olimpiade
  • Daya Ahli: otoritas, yang dapat memberikan nasihat – Inquirer meminta profesor untuk berbicara tentang Natal belanja

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s